Beginilah Tips Merawat Motor Injeksi Kesayangan Kamu

Beginilah Tips Merawat Motor Injeksi Kesayangan Kamu

Beginilah Tips Merawat Motor Injeksi Kesayangan Kamu – Zaman sekarang memiliki sebuah sepeda motor adalah suatu hal yang wajib untuk kalangan tertentu. Walaupun harga sepeda motor saat ini bisa dibilang mahal, tapi tidak menghalangi bagi setiap orang untuk memiliki sepeda motor yang sangat sesuai dengan kebutuhan dan idaman kita pribadi. Menurut sebagian orang berfikir membeli sepeda motor merupakan suatu hal yang sangat mudah, tetapi untuk merawat sebuah motor sangatlah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yaitu mulai dari menggali oli setiap bulan sampai mengganti ban jika sudah mulai tipis.

"<yoastmark

Perawatan motor adalah hal yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik motor agar bisa selalu digunakan setiap saat. Sebenarnya, merawat motor sebenarnya sangatlah gampang, tetapi hal tersebut selalu di belakangkan oleh sebagian orang karena kesibukan masing-masing. Maka dari itu, luangkan waktu anda untuk merawat motor kesayangan anda agar memiliki performa yang prima dan bisa awet tahan lama.

Motor dengan teknologi injeksi memang harus menggunakan cara-cara tertentu agar tidak salah dalam perawatannya, jika salah sedikit saja bisa mengakibatkan motor rusak seperti sering mogok dan tidak sempurna dalam kinerja mesin motor anda. Berikut adalah tips nya dalam melakukan perawatan sepeda motor :

Gunakanlah Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Bahan bakar sangat penting dalam kinerja mesin motor, maka dari itu lebih bagus jika menggunakan bahan bakar yang ber oktan 90 keatas karena dapat menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor anda. Jika tidak menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 keatas, maka akan meninggalkan kerak pada system injeksi serta akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesinnya.

Perhatikan Kondisi AKI

Motor injeksi juga harus diperhatikan pada bagian yang sangat penting yaitu Aki, karena motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi Aki sebagai penghidup mesin untuk system pembakarannya. Maka dari itu bagi anda yang memiliki motor dengan teknologi injeksi, harus sering-sering cek kondisi air Aki, jika air Aki nya kurang, tambahkan dengan air Aki yang banyak dipasaran.

Periksa ECU (Electronic Control Unit)

ECU (Electronic Control Unit) ialah otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor anda. Semua unit injector baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injector diatur oleh ECU. Jika sistem ini terganggu, maka kinerja injektor juga tidak akan berjalan sebagai mana mestinya dan dapat mengakibatkan motor anda mogok. Untuk memeriksa ECU secara berkala harus kepada para ahlinya seperti montir atau mekanis agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Gantilah Oil Secara Teratur

Dalam melakukan perawatan motor injeksi, mengganti oil juga merupakan kegiatan yang rutin dan harus diganti setiap 2 bulan sekali atau jika motor sudah menempuh jarak 1.000 km. Jangan sampai mesin motor anda sampai kering karena kekurangan pelumas sehingga sangat terganggu untuk kinerja mesin. Jangan lupa juga untuk mengganti oil Gear setiap 5.000 km yang berguna untuk memaksimalkan kinerja Gear motor injeksi anda. Selanjutnya ganti juga oil shockbreker anda untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Khusus motor matic, ganti oil shockbreker anda setiap 10.000 km atau sudah terdengar suara mendecit.

Periksa Bahan Bakar di Dalam Tangki

Bahan bakar sangatlah penting, maka dari itu jangan sampai bahan bakar di dalam tangki motor anda habis pada saat dikendarakan. Karena jika hal itu terjadi, dapat merusak sistem injektor pada motor anda. Jika tangki motor anda kosong, kotoran yang ada di tangki akan terserap dan menghambat kinerja mesin motor.

Cek selalu Busi

Perhatikan selalu kondisi busi motor anda, karena busi ini merupakan pusat pematik api yang sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran pada mesin. Periksalah selalu busi untuk dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin dalam ruang pembakaran. Jika terjadi kerusakan pada busi, makan pembakaran pada mesin tidak akan maksimal dan mengakibatkan mesin menjadi kurang bertenaga bahkan dapat membuat motor tidak menyala.

Melakukan Service Berkala

Sepeda motor harus dilakukan service berkala yaitu setiap 3.000 km atau disesuaikan dengan buku petunjuk service. Bisa juga anda lakukan setiap 3 bulan sekali guna mengecek kondisi motor anda. Jika motor sering digunakan, lebih baik service setiap 1 bulan sekali agar kondisi motor anda tetap prima dan awet tahan lama.

Nah seperti itulah tentang perawatan motor kesayangan anda, rawatlah motor agar selalu bertenaga dan enak saat dikendarakan.

Jika belum ada motor yang ingin dirawat, bisa langsung beli saja dengan cicilan 0% dengan klik dibawah ini.

Jangan lupa untuk subscribe dan terus mengunjungi www.yamaha-megautama.com agar selalu mendapatkan informasi terbaru tentang Yamaha.

SALAM SEMAKIN DI DEPAN

I agree to have my personal information transfered to AWeber ( more information )

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081399333096 bbm Invite Pin BBM kami : D9C3F9D5