Peran Teknologi Gearbox Yamaha

Peran Teknologi Gearbox Yamaha

Pentingnya Teknologi Gearbox di Kompetisi Balap

Peran Teknologi Gearbox Yamaha – Teknologi gearbox Yamaha merupakan salah satu teknologi yang melengkapi motor balap yang berpacu di kompetisi Moto Gp. Masih ingat heroiknya Casey Stoner di tahun 2011 dengan RC212V 800 cc? Laju kencang motor yang mengantarkannya menjadi juara dunia dipengaruhi oleh aplikasi SSG (Seamless shift gearbox). Aplikasi SSG terbukti sangat berpengaruh pada pemangkasan laptime.

            Hasil uji coba yang dilakukan pada Yamaha di Brno pada bulan Agustus 2013 membuktikan bahwa waktu shifting gear menurun drastis jika menggunakan aplikasi SSG dibandingkan dengan gear box konvensional. Tercatat waktu sihfting gear menurun drastis dari 0.038 menjadi 0.016 detik. Sebuah penghematan yang signifikan dan sangat berpengaruh jika motor berpacu di tengah kompetisi balap motor. Jika dalam satu lap pembalap melakukan beberapa kali shit gear (pindah gigi) maka penghematan waktu akan cukup terasa. Kalkulasinya adalah:hitungan berapa kali pindah gigi dikalikan selisih waktu (yaitu 0,038 – 0.016 = 0.022 detik).

Bagi sebuah tim balap teknologi ini membantu meningkatkan daya tahan dan umur ban sebab saat motor memasuki tikungan deselerasi yang dilakukan bisa terjadi lebih mulus dan tidak memerlukan late-breaking (pengereman bertahap) yang berlebihan. Akselerasi keluar tikungan bisa dilakukan lebih cepat oleh motor yang dilengkapi aplikasi SSG.

Peran Teknologi Gearbox Yamaha
Peran Teknologi Gearbox Yamaha

Sistem Kerja Teknologi Gearbox

            Sistem kerja teknologi gearbox Yamaha merupakan satu fenomena yang mengagumkan. Dalam sistem tersebut terdapat dua gir yang terletak di dalam output shaft (poros yang terhubung ke gir depan) semua gir tersebut dalam kondisi terhubung ke gir pada bagian input-shaft (yaitu shaft utama, poros yang terhubung dengan rumah kopling), tetapi tetap berdiri bebas terhadap output shaft. Sementara itu, tempat bullet terhubung ke output shaft. Proses transfer tenaganya adalah:

  1. Sumber tenaga putar berasa dali poros crankshaft.
  2. Poros crankshaft dihubungkan dengan pasangan gir reduksi primer ke pusat kopling.
  3. Kampas dan plat kopling motor mentransfer energi putar ke input shaft.
  4. Mainshaft memutar gir pada output shaft secara bebas. Putaran ini dibantu oleh pasangan gir dan terjadi satu hingga enam putaran.
  5. Bullet (hub) menghubungkan putaran gir tersebut ke sumbu output shaft melalui dog teeth ke hub.
  6. Output shaft memutar gir depan serta dihubungkan dengan rantai ke gir belakang agar mampu memutar ban belakang.

Teknologi gearbox Yamaha tidak hanya bermanfaat bagi motor yang berkompetisi di dunia balap. Bagi motor biasa SSG membantu emisi bahan bakar lebih rendah karena tidak ada BBM terbuang saat mempertahankan akselerasi dalam proses pindah gigi. Pemakaian BBM pun lebih hemat dan konsumen bisa menekan biaya untuk konsumsi bahan bakar kendaraan pribadinya.

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081399333096 bbm Invite Pin BBM kami : D9C3F9D5