Teknologi Baru Yamaha MotoGP tipe YZF-R1M dan YZF-R1

Teknologi Baru Yamaha MotoGP tipe YZF-R1M dan YZF-R1

Teknologi Baru Yamaha MotoGP tipe YZF-R1M dan YZF-R1 – Rata-rata, semua motor yang dipakai setiap pengendara MotoGP mempunyai kecepatan tinggi dalam berpacu. Hal ini pula yang akan ditemui pada teknologi baru Yamaha MotoGP model YZF-R1M dan YZF-R1 terbaru. Teknologi yang mengusung konsep High Tech Armed Pure Top tersebut mampu memunculkan rasa yang lebih sensional bagi setiap ridernya.

Spesifikasi Teknik

Mesin balapnya dikembangkan secara ringan-ringan saja, tapi selalu dapat bekerja di putaran sangat tinggi. Mesinnya mampu mengeluarkan daya output power maksimal 200 PS. Hal ini disebabkan dengan adanya pemakaian teknologi terbaru berupa finger rocker arm, crossplane craksaft, forged aluminium bridge box piston, dan titanium fracture split connecting rod.

Finger rocker arm memiliki kemampuan meningkatkan performa pada mesin sekaligus output power yang lebih maksimal di rpm tertinggi. Sedangkan crossplane craksaft membuat sistem traksi dan kontrol power semakin mudah dilakukan, terutama ketika motor sedang cornering maupun sesudahnya.

Yamaha YZF-R1M dan YZF-R1 merupakan motor mempunyai bobot ringan, 199 kilogram. Kondisi ini merupakan dampak atas pemakaian material bermutu tinggi seperti alumunium, magnesium dan titanium pada beberapa elemennya. Selain ringan, kombinasi bahan-bahan ini menghasilkan rigiditas yang sangat tinggi. Sehingga sistem pengendaliannya makin gampang dikontrol.

Teknologi Baru Yamaha MotoGP tipe YZF-R1M dan YZF-R1
Teknologi Baru Yamaha MotoGP tipe YZF-R1M dan YZF-R1

Fitur Pengendalian dan Layanan

Sistem pengendalian yang dibenamkan pada teknologi baru Yamaha MotoGP ini terdiri dari CCU (Communication Control Unit), IMU (Inertial Measurement Unit), YRC (Yamaha Ride Control) dan speedometer. CCU adalah media komonikasi antara mesin dan pengendara yang fungsinya untuk menyetel dan logging motor menurut keingian dengan alat smartphone.

Sedangkan IMU, berguna untuk mendeteksi gerakan, posisi dan kondisi motor dalam konsep 3 dimensi sehingga hasil datanya terlihat lebih aktual. Lalu untuk YRC, adalah sebuah sistem pengontrolan yang dilengkapi aneka jenis fitur. Misalnya SCS (Slide Control System), LCS (Launch Contorl System), TCS (Quick Shift System) dan lainnya.

Melalui fitur-fitur yang sangat lengkap tersebut pengendara bisa mendapat sensasi pacu balap secara maksimal dan bisa berbelok dengan sudut kemiringan tinggi atau maksimal lead angel. Kemudian di speedometernya bekerja secara digital menggunakan sistem display TFT (Thin Film Transistor) liquid crystal. Display mode-nya memiliki 2 macam pilihan, mode sreet dan display track sehingga bisa dipilih menurut kebutuhan rider.

Dengan berbagai kelengkapan dan fitur-fiturnya yang disebutkan di atas, dapat dikatakan jika Yamaha YZF-R1M dan YZF-R1 adalah motor yang memiliki spesifikasi tinggi. Akan tetapi, meski spesifikasinya tergolong tinggi tetap diproduksi dalam jumlah banyak atau massal.

Setiap pembeli akan memperoleh layanan gratis hingga 3 tahun atau jarak tempuh maksimal 36.000 km. Layanan ini meliputi aki, busi, kanvas rem, oli, filter oli, dan sebagainya. Selain itu, juga ada layanan bike care sekali setahun, home service, pick up service serta road assistance emergency service hingga 3 tahun.

Demikianlah ulasan singkat tentang teknologi baru Yamaha MotoGP yang dapat dijumpai di kendaraan model Yamaha YZF-R1M dan YZF-R1. Semoga bisa menjadi referensi untuk kita semua.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081399333096 bbm Invite Pin BBM kami : D9C3F9D5