Sistem Kerja Mesin pada All New Vixion DOHC

Sistem Kerja Mesin pada All New Vixion DOHC

Sistem Kerja Mesin pada All New Vixion DOHC – Sepeda motor All New Vixion DOHC merupakan motor keluaran pabrikan Yamaha dan jadi salah satu kendaraan yang mendapat perhatian besar dari penggemar otomotif sport di tanah air. Mesin yang dibenamkan dalam motor ini menggunakan teknologi terkini yang dinamakan Double Over Head Camshaft atau yang lebih sering disebut secara singkat, DOHC.

Sistem Kerja Mesin pada All New Vixion DOHC
Sistem Kerja Mesin pada All New Vixion DOHC


Sekilas Penjelasan tentang DOHC

DOHC merupakan suatu camshaft yang telah dilengkapi dengan over head double. Sehingga mesin tersebut memiliki dua over head meskipun hanya terdiri dari satu piston saja. Jadi klep yang ada berjumlah 4 unit.

Dua klep pertama berfungsi sebagai pengatur aliran masuk BBM, sedangkan dua klep lainnya mengatur arus keluar pembuangan gas menuju bagian knalpot. Selain itu mesin DOHC juga memakai dua jenis noken yang dipasang di kepala atau ujung silinder.

Sistem Kerja

Dalam sistem kerja mesin All New Vixion DOHC, pertama kali piston akan melakukan satu gerakan dari titik mati atas menuju titik mati yang ada di bawah. Sementara itu dalam waktu yang bersamaan katup masuk akan terbuka sedangkan katup keluar akan tertutup.

Kondisi ini langsung menjadikan gas atau udara langsung terhisap serta masuk dalam ruang pembakaran. Proses sebelum gas atau udara tersebut masuk di ruang pembakaran bisa terlihat dari sistem masukan.

Setelah proses ini berjalan, piston akan bergerak melalui titik mati bawah menuju titik mati yang ada di atas. Lalu katup masuk dan katup keluar akan sama-sama dalam kondisi tertutup. Akibat dari proses ini adalah gas atau udara yang ada dalam ruang pembakaran bisa langsung terkompresi.

Selanjutnya beberapa waktu sebelum piston mencapai kondisi titik mati di bagian atas, timing ignition atau penyalaan akan berlangsung terhadap mesin bahan bakar. Bentuk dari penyalaan ini adalah nyala pada perangkat busi.

Berikutnya gas yang sudah terbakar di ruang pembakaran langsung menaikan tekanan dalam ruang tersebut. Efek dari keadaan ini piston akan mendapat dorongan dan bergerak kembali dari titik mati di atas menuju titik mati di bawah. Setelah itu akan langsung keluar daya serta power tenaga yang mampu menggerakan mesin.

Kemudian dalam proses paling akhir, piston bergerak mulai dari titik mati di bawah hingga pada ttik mati atas. Sedangkan katup masuk akan tertutup dan katup keluar akan terbuka. Dari proses ini gas sisa hasil dari pembakaran akan mengalir menuju katup keluar. Setelah itu akan mengalir terus menuju saluran pembuangan atau knalpot.

Dibanding tipe SOHC, mesin DOHC memang lebih boros dalam penggunaan atau konsumsi BBM. Karena sistem gerakan mesinnya juga butuh tenaga besar. Namun tekonologi ini telah disempurnakan oleh Yamaha sehingga tingkat konsumsi BBM-nya bisa lebih ditekan.

Jika ingin mencari penjelasan lebih lengkap tentang All New Vixion DOHC, dapat langsung berkunjung pada situs yang beralamat di https://www.yamaha-megautama.com. Dalam situs tersebut juga terdapat keterangan yang sangat detail seputar produk-produk Yamaha lainnya.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 081399333096 bbm Invite Pin BBM kami : D9C3F9D5